TUGAS AKHIR KEBIDANAN
Hubungan Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal Care Dengan Motivasi Melakukan Antenatal Care Di BPS Ny. Endah Myastoeti Amd. Keb Kelurahan Purwodadi Kecamatan Blimbing Kota Malang
Kepuasan pasien sering dipandang suatu komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan. Keramahan dan kenikmatan berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang tidak berhubungan langsung dengan klinis dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan ketersediaannya untuk kembali ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan berikutnya. Studi pendahuluan, di BPS Ny. Endah Myastoeti Amd. Keb Kelurahan Purwodadi Kec. Blimbing Kota Malang dilakukan pengkajian oleh peneliti 21 ibu hamil yang periksa 6 diantaranya mengatakan kurang puas, kemudian 10 diantaranya mengatakan cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan bidan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care oleh bidan dengan motivasi melakukan antenatal care.rnPenelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 40 responden dengan sampel 30 responden menggunakan teknik Accidental Sampling.rnHasil analisa dari 30 responden dengan menggunakan analisis korelasi Spearman Rank, terdapat ρ hitung 0.522 dan harga ρ tabel 0.463, dimana ρ hitung lebih besar ρ tabel yang berarti ada hubungan antara kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care dengan motivasi melakukan antenatal care di bidan tersebut.rnKesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagian besar (87%) ibu hamil merasa sangat puas pada pelayanan antenatal care dan (56%) ibu hamil yang memiliki motivasi pada antenatal care. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan tetap menjaga dan mempertahankan mutu pelayanan khususnya dalam memberikan pelayanan antenatal care pada ibu hamil sehingga kebutuhan ibu pada antenatal care selalu terpuaskan.rnKepustakaan : 22 Referensi (2002-2010)rnKata Kunci : Kepuasan, Ibu Hamil, Antenatal Care, Bidan, Mot
020110027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain