TUGAS AKHIR KEBIDANAN
Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Prasekolah (4-6 Tahun) di TK Bedali Lawang Malang
Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Keadaan gizi seseorang dalam suatu masa bukan saja ditentukan konsumsi zat gizi pada masa lampau, bahkan jauh sebelum masa itu. Ini berarti konsumsi gizi masa kanak-kanak memberi andil terhadap status gizi masa dewasa. Gizi dikatakan baik bila terdapat keseimbangan antara konsumsi dengan penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut. Dengan kata lain keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluler tubuh. Pentingnya gizi anak pra sekolah, dapat menentukan perkembangannya pada masa yang akan datangrnTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara status gizi dengan perkembangan anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Bedali Lawang.rn Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling, dengan sampel sebanyak 20 anak. rn. Hasil penelitian diketahui sebagian besar 80% (16 anak) memiliki status gizi baik dan sebagian kecil 20% (4 anak) memiliki status gizi sedang. Sedangkan sebagian besar 75% (15 anak) memiliki perkembangan yang normal dan sebagian kecil 25% (5 anak) memiliki perkembangan yang tidak normal. Dari Uji Chi Square x2 hitung (6,667) > x2 tabel (5,992), maka Ho ditolak, artinya ada hubungan status gizi dan perkembangan anak prasekolah (4-6 tahun).rnPeneliti merekomendasikan orang tua hendaknya meningkatkan asupan gizi untuk anaknya serta melatih, membimbing dan memberi stimuli untuk perkembangan anak-anaknya.rnrnrnKata Kunci : Status Gizi, Perkembangan, Anak Usia Prasekolahrn
020100050 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain