TUGAS AKHIR KEBIDANAN
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULAN TERHADAP PERKEMBANGAN BALITA DI DUSUN BALEWARTI CAKUPAN BPS NY. LIA ERIKA REJOSARI KEC. BANTUR KAB. MALANG
Setiap balita memiliki perkembangan gerak motorik halus dan kasar yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh pembawaan anak dan terutama dari stimulasi yang didapatkan dari orang tua dan lingkungannya. Rangsangan atau stimulasi sejak dini adalah salah satu faktor eksternal yang sangat penting dalam menentukan kecerdasan anak. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap 10 ibu yang mempunyai batita di dapatkan 30% anak yang perkembangannya tidak sesuai dengan umur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi terhadap perkembangan batita (1-3 tahun) di Dusun Balewarti Cakupan BPS Lia Erika Amd.Keb Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.rnDesain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik yaitu untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel dan dilakukan dengan analisis data yang telah dikumpulkan. Pengumpulan data dilakukan secara cross sectional. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi adalah semua ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun yang merupakan cakupan dari Bidan Desa Lia Erika Amd. Keb di Desa Rejosari Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling artinya seluruh ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun yang berada di Dusun Balewarti Cakupan BPS Lia Erika.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa analisa hubungan variabel dengan menggunakan uji korelasi spearman Rank dengan hasil sign < α 0,05 maka Ho ditolak sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi terhadap Perkembangan Batita (1-3 Tahun). Di sarankan untuk tenaga kesehatan memberikan penyuluhan kepada orang tua tentang pentingnya peran pendidikan terhadap perkembangan batita sesuai dengan usia sehingga orang tua dapat melakukan stimulasi terhadap batita dan perkembangan batita dapat optimal.
020120089 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain